ONLINE SHOP??
WHY NOT??
Belanja adalah salah satu hobi seorang
wanita untuk kehidupannya. Bagaimana tidak tanpa disadari bahwa seorang wanita
memang cenderung matrealistis sehingga inilah yang membuat berbagai perusahaan
cenderung membangun usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan salah satunya
Online Shop atau toko dalam dunia maya.
Sistem perdagangan di dalam online shop memanfaat
psikologi manusia karena manusia cenderung lebih suka melihat daripada
mendengarkan. Oleh sebab itu banyak situs website
yang saat ini bisa diakses yang mengandung downline dari sebuah perusahaan.
Perusahaan tentu berusaha menampilkan kualitas yang baik dari segi harga,
kualitas barang, dan keramahan dalam menyapa konsumen.
Saya termasuk konsumen yang sangat suka belanja di dunia
maya. Oh tentunya, saya tidak sembarangan dalam memilih barang. Saya memiliki
beberapa tips yang mungkin bisa digunakan ketika kita sedang berbelanja online.
Nah tips dibawah ini adalah tips ketika kita ingin berbelanja melewati situs
web
1. Perhatikan situs
tersebut terpercaya atau tidak
2. Lihatlah testimonial
dari konsumen lain yang pernah berbelanja pada perusahaan tersebut.
3. Bertanyalah secara
detail bahan yang digunakan pada barang tersebut.
4. Kualitas dan harga
harus sesuai
5. Lihatlah apakah pelayanannya
baik atau tidak karena konsumen adalah “raja”
6. Hindari jawaban yang
berbelat belit dari perusahaan tersebut agar kita bisa meyakini barang yang
ingin kita beli
7. Cobalah lihat adakah
nomor polisi pada situs tersebut supaya lebih aman. Kan kalau aman, kita puas.
Jika lewat media social seperti BBM, Facebook, Twitter, Instagram, Path,
Line, Foursquare saya akan memberikan tips yang kurang lebihnya sama dengan
tips berbelanja lewat situs web. Yang harus diperhatikan adalah sebagai
berikut:
1.
Usahakan online shop
itu mampu memberikan kepercayaan yang bukan hanya testimonial saja karena
testimonial juga kadang-kadang bisa membohongi. Siapa tau dia menggunakan HP
dengan nama berbeda, justru malah membuat kita sengsara. Hehehehe
2.
Mintalah kepadanya
bagaimana cara kita bisa mempercayai online shop karena online shop menggunakan
system kepercayaan.
.
Tanyalah kepada
perusahaan pemilik online shop apa saja yang anda ingin tanyakan.
Saya pernah dibohongi oleh online shop seperti satu kasus
yang paling sering kita hadapi yaitu barang yang kita beli tidak sesuai dengan
apa yang kita harapkan. Tentu saja saya mau marah karena harga barangnya
sekitar 70rb an tapi kualitas barangnya kayak kain lap. Apalagi barangnya
adalah barang Pre Order (PO) selama 3 bulan. Gimana hati saya ga teriris-iris??
Miris lagi!!! Udah PO lama, harga mahal, kualitas kain lap. Itu menandakan bahwa perusahaan ini tidak
melakukan hubungan yang baik terhadap konsumen. Hanya katanya saja barang
bagus, namun pada kenyataannya nihil.
Sekarang sih setelah saya belajar dari beberapa
pengalaman berbelanja di online shop akhirnya saya menarik kesimpulan bahwa itu
juga adalah kesalahan saya. Saya tidak bertanya dengan detail kepada pihak
online shop itu sehingga barang yang saya dapatkan kurang sesuai dengan apa
yang saya inginkan.
Belajar dari pengalaman juga menimbulkan satu harapan bagi saya untuk
mencari perusahaan yang memiliki harga, kualitas dan pelayanan yang ramah. Eh
ternyata ketemu juga, hehehe. Sepertinya ada hikmah lah dibalik ini semua. Saat
ini saya tidak takut lagi berbelanja online karena saya sudah tau tips dan
langkah yang benar. Perusahaan yang adalah tempat saya berbelanja adalah suatu
perusahaan yang memperhatikan kualitas, harga, dan servis pelayanan. Justru
sekarang saya adalah reseller dari Online Shop tersebut. Alhasil pelanggan saya
sudah 50 dari 100 orang. Yang aktif lumayan banyak lah. Saya menekuni ini untuk
menambah uang saku aja dan belajar bagaimana itu bekerja. ^^
Yohana
Silvia/31942
***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar