ONLINE SHOP??
WHY NOT??

Sistem perdagangan di dalam online shop memanfaat
psikologi manusia karena manusia cenderung lebih suka melihat daripada
mendengarkan. Oleh sebab itu banyak situs website
yang saat ini bisa diakses yang mengandung downline dari sebuah perusahaan.
Perusahaan tentu berusaha menampilkan kualitas yang baik dari segi harga,
kualitas barang, dan keramahan dalam menyapa konsumen.

1. Perhatikan situs
tersebut terpercaya atau tidak
2. Lihatlah testimonial
dari konsumen lain yang pernah berbelanja pada perusahaan tersebut.
3. Bertanyalah secara
detail bahan yang digunakan pada barang tersebut.
4. Kualitas dan harga
harus sesuai
5. Lihatlah apakah pelayanannya
baik atau tidak karena konsumen adalah “raja”
6. Hindari jawaban yang
berbelat belit dari perusahaan tersebut agar kita bisa meyakini barang yang
ingin kita beli
7. Cobalah lihat adakah
nomor polisi pada situs tersebut supaya lebih aman. Kan kalau aman, kita puas.
Jika lewat media social seperti BBM, Facebook, Twitter, Instagram, Path,
Line, Foursquare saya akan memberikan tips yang kurang lebihnya sama dengan
tips berbelanja lewat situs web. Yang harus diperhatikan adalah sebagai
berikut:
1.
Usahakan online shop
itu mampu memberikan kepercayaan yang bukan hanya testimonial saja karena
testimonial juga kadang-kadang bisa membohongi. Siapa tau dia menggunakan HP
dengan nama berbeda, justru malah membuat kita sengsara. Hehehehe
2.
Mintalah kepadanya
bagaimana cara kita bisa mempercayai online shop karena online shop menggunakan
system kepercayaan.
![]() |
.
Tanyalah kepada
perusahaan pemilik online shop apa saja yang anda ingin tanyakan.
Saya pernah dibohongi oleh online shop seperti satu kasus
yang paling sering kita hadapi yaitu barang yang kita beli tidak sesuai dengan
apa yang kita harapkan. Tentu saja saya mau marah karena harga barangnya
sekitar 70rb an tapi kualitas barangnya kayak kain lap. Apalagi barangnya
adalah barang Pre Order (PO) selama 3 bulan. Gimana hati saya ga teriris-iris??
Miris lagi!!! Udah PO lama, harga mahal, kualitas kain lap. Itu menandakan bahwa perusahaan ini tidak
melakukan hubungan yang baik terhadap konsumen. Hanya katanya saja barang
bagus, namun pada kenyataannya nihil.
Sekarang sih setelah saya belajar dari beberapa
pengalaman berbelanja di online shop akhirnya saya menarik kesimpulan bahwa itu
juga adalah kesalahan saya. Saya tidak bertanya dengan detail kepada pihak
online shop itu sehingga barang yang saya dapatkan kurang sesuai dengan apa
yang saya inginkan.

Yohana
Silvia/31942
***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar