Selasa, 17 Juni 2014

ONLINE SHOP??? WHY NOT??


ONLINE SHOP??
WHY NOT??


           Belanja adalah salah satu hobi seorang wanita untuk kehidupannya. Bagaimana tidak tanpa disadari bahwa seorang wanita memang cenderung matrealistis sehingga inilah yang membuat berbagai perusahaan cenderung membangun usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan salah satunya Online Shop atau toko dalam dunia maya.

            Sistem perdagangan di dalam online shop memanfaat psikologi manusia karena manusia cenderung lebih suka melihat daripada mendengarkan. Oleh sebab itu banyak situs website yang saat ini bisa diakses yang mengandung downline dari sebuah perusahaan. Perusahaan tentu berusaha menampilkan kualitas yang baik dari segi harga, kualitas barang, dan keramahan dalam menyapa konsumen.
           Saya termasuk konsumen yang sangat suka belanja di dunia maya. Oh tentunya, saya tidak sembarangan dalam memilih barang. Saya memiliki beberapa tips yang mungkin bisa digunakan ketika kita sedang berbelanja online. Nah tips dibawah ini adalah tips ketika kita ingin berbelanja melewati situs web
1.     Perhatikan situs tersebut terpercaya atau tidak
2.     Lihatlah testimonial dari konsumen lain yang pernah berbelanja pada perusahaan tersebut.
3.     Bertanyalah secara detail bahan yang digunakan pada barang tersebut.
4.     Kualitas dan harga harus sesuai
5.     Lihatlah apakah pelayanannya baik atau tidak karena konsumen adalah “raja”
6.     Hindari jawaban yang berbelat belit dari perusahaan tersebut agar kita bisa meyakini barang yang ingin kita beli
7.     Cobalah lihat adakah nomor polisi pada situs tersebut supaya lebih aman. Kan kalau aman, kita puas.

Jika lewat media social seperti BBM, Facebook, Twitter, Instagram, Path, Line, Foursquare saya akan memberikan tips yang kurang lebihnya sama dengan tips berbelanja lewat situs web. Yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:
1.     Usahakan online shop itu mampu memberikan kepercayaan yang bukan hanya testimonial saja karena testimonial juga kadang-kadang bisa membohongi. Siapa tau dia menggunakan HP dengan nama berbeda, justru malah membuat kita sengsara. Hehehehe
2.     Mintalah kepadanya bagaimana cara kita bisa mempercayai online shop karena online shop menggunakan system kepercayaan.

.     Tanyalah kepada perusahaan pemilik online shop apa saja yang anda ingin tanyakan.


            Saya pernah dibohongi oleh online shop seperti satu kasus yang paling sering kita hadapi yaitu barang yang kita beli tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Tentu saja saya mau marah karena harga barangnya sekitar 70rb an tapi kualitas barangnya kayak kain lap. Apalagi barangnya adalah barang Pre Order (PO) selama 3 bulan. Gimana hati saya ga teriris-iris?? Miris lagi!!! Udah PO lama, harga mahal, kualitas kain lap.  Itu menandakan bahwa perusahaan ini tidak melakukan hubungan yang baik terhadap konsumen. Hanya katanya saja barang bagus, namun pada kenyataannya nihil.
            Sekarang sih setelah saya belajar dari beberapa pengalaman berbelanja di online shop akhirnya saya menarik kesimpulan bahwa itu juga adalah kesalahan saya. Saya tidak bertanya dengan detail kepada pihak online shop itu sehingga barang yang saya dapatkan kurang sesuai dengan apa yang saya inginkan.

          Belajar dari pengalaman juga menimbulkan satu harapan bagi saya untuk mencari perusahaan yang memiliki harga, kualitas dan pelayanan yang ramah. Eh ternyata ketemu juga, hehehe. Sepertinya ada hikmah lah dibalik ini semua. Saat ini saya tidak takut lagi berbelanja online karena saya sudah tau tips dan langkah yang benar. Perusahaan yang adalah tempat saya berbelanja adalah suatu perusahaan yang memperhatikan kualitas, harga, dan servis pelayanan. Justru sekarang saya adalah reseller dari Online Shop tersebut. Alhasil pelanggan saya sudah 50 dari 100 orang. Yang aktif lumayan banyak lah. Saya menekuni ini untuk menambah uang saku aja dan belajar bagaimana itu bekerja. ^^


Yohana Silvia/31942
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar